Minggu, 28 November 2010

Ulangan Bhs. Indonesia - Pantun

Pantun



Ciri-ciri pantun:
1.    Pantun memiliki bait dan baris
2.    Tiap-tiap bait memiliki baris, bisanya 4 baris
3.    Bersajak akhir dengan pola a-b-a-b
4.    Jumlah suku kata tiap baris antara delapan sampsi dua belas suku kata
5.    Terdiri atas sampiran dan isi


Pantun 1      :
Mandi pagi siap sekolah,
Agar bisa pergi pukul lima
Kalau anda tidak salah,
Andakah orang yang berkaki tiga

Balasan        :
Ada kucing menabrak dinding,
Membuat adik selalu tertawa
Saya memang berkaki ginding,
Karena saya punya kaki tiga





Pantun 2      :
Kalau anda membuat makalah,
Jangan membuatnya terlalu lama
Kenapa saya selalu salah,
Dan selalu mendapat lima

Balasan        :
Ada mobil berwarna merah,
Harganya lima ratus juta
Anda sendiri sudah merasa salah,
Kenapa tidak mau bertanya

Pantun 3      :
Lihat kue sudah gosong,
Karena dimasak terlalu lama
Bukan saya berkata bohong,
Ada kucing menunggangi kuda

Balasan        :
Saya tinggal di Bandar Lampung,
Anda tinggal di Balikpapan
Saya juga tidak bohong,
Ada kerbau di dalam delman




Pantun 4      :
Aku senang membaca Koran,
Adik senang membaca komik
Saya sedang mencari teman,
Apa anda yang bernama Malik

Balasan        :
Kita pergi ke toko bangunan,
Untuk membeli satu dus keramik
Hai apa kabar teman,
Nama saya memang Malik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar